Konfigurasi Ip Address Dan Ip Route Gateway Mikrotik

Konfigurasi Ip Address Dan Ip Route Gateway Mikrotik - Bagi anda yang baru belajar mikrotik pasti anda akan mencari konfigurasi dan seting pada mikrotik , baca juga Pengertian Dan Fungsi Linux Mikrotik, di sini saya akan memberi tutorial cara Konfigurasi Ip Address Dan Ip Route Gateway Mikrotik.

1. Disini kita akan menggunakan 3 ethernet, terlebih dahulu saya akan menjelaskan fungsi masing-masing ethernet berikut :

Ether1 :  Samakan dengan ip yang kita terima dari internet, disini saya menggunakan ip dengan network 43 karena network internet saya 43.

Ether2 : Ip ini berfungsi untuk dhcp.

Ether3 : Ip ini berfungsi untuk hostpot.

Mari kita mulai konfigurasinya :

  1. ip address add address=192.168.43.100/24 interface=ether1 tekan enter
  2. ip address add address=192.168.50.1/27 interface=ether2 tekan enter
  3. ip address add address=10.10.10.1/27 interface=ether3 tekan enter
Konfigurasi Ip Address Dan Ip Route Gateway Mikrotik

 2. Selanjutnya kita akan melakukan Ip Route Gateway agar mikrotik bisa terhubung ke internet, gunakan ip gateway acces internet yang anda gunakan, caranya :

ip route add gateway=192.168.43.1 tekan enter

Lalu anda ping ke 8.8.8.8 caranya :
ping 8.8.8.8

Konfigurasi Ip Address Dan Ip Route Gateway Mikrotik

Jika berhasil anda bisa terhubung pada jaringan internet, sedikit saran dari saya internet yang anda gunakan harus dengan kecepatan yang tinggi agar konfigurasi berjalan dengan lancar, baca lanjutan tutorialnya disini.

Mungkin itu saja yag bisa saya sampaikan bila ada kesalahan bisa langsung di keritik karena saya juga baru pemula dalam jaringan, salam networking.

1 Response to "Konfigurasi Ip Address Dan Ip Route Gateway Mikrotik"